About Me

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Demi Etika, Inter Diminta Lepas Scudetto 2006



FIGC secara hukum tidak bisa mencopot titel juara Liga Italia musim 2005/06 milik Inter Milan. Namun karena sudah terbukti ikut bersalah, demi etika Nerazzurri diminta melepas titel tersebut.

Awal pekan ini FIGC menetapkan kalau Scudetto musim 2005/06 tetap menjadi miliki Inter Milan. Pengajuan penyelidikan kembali yang diajukan oleh Juventus mentah lantaran asosiasi sepakbola Italia itu tak punya wewenang hukum untuk melakukan tindakan tersebut.

Pengajuan penyelidikan kembali yang dilakukan Juventus disertai alasan yang sangat kuat. Beberapa temuan bukti baru berupa rekaman penyadapan telepon menunjukkan kalau La Beneamata juga terlibat dalam pengaturan penunjukkan wasit dalam skandal Calciopoli.

Karena adanya bukti yang kuat tersebutlah kini muncul desakan agar Inter dengan suka rela melepas gelar pemberian itu. Bukan atas nama hukum, tapi demi etika.

"Saya harap Inter mau melupakan soal kasus (Calciopoli) yang kedaluwarsa. Tak ada kedaluwarsa dalam hal etika," sahut Presiden FIGC, Giancarlo Abete di Football Italia.

"Kita memang harus berpedoman pada aturan (hukum). Tapi jika aturan tersebut tidak memuaskan sebagian pihak, maka itu di luar wewenang kami," lanjut dia.

Skandal Calciopoli membuat Juventus kehilangan gelar Scudetto musim 2004/05 dan 2005/06. FIGC kemudian memutuskan untuk mengosongkan titel tahun 2004/2005, sementara untuk musim 2005/2006 titel diserahkan pada Inter yang saat itu duduk di posisi dua klasemen akhir.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar